Bagaimana Cara Menggunakan Google Trend Untuk Menaikkan Rating Website

Feb 21, 2019 SEO 96 Views

Sebelum Anda membuat sebuah website, ada baiknya jika Anda mempelajari bagaimana cara menaikkan website di Google. Hal ini penting adanya, agar website atau juga blog yang Anda miliki, dapat bertengger di halaman pertama, dan bukan di halaman lainnya. Google sendiri sebagai penyedia layanan, tergolong sangat kooperatif dalam membantu para penggunaanya untuk berperan aktif dalam menaikkan rating website yang dimiliki.

Google Trends

Google Trends

Belajar menggunakan SEO

SEO atau Search Engine Optimized adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan rating website yang Anda miliki. Ini adalah salah satu langkah yang akan Anda ambil, guna mengoptimalisasi website yang akan digunakan kelak, baik itu, dari segi desain gambar, desain artikel dan yang lainnya. Tentunya ini dilakukan agar website yang digunakan, berada di halaman utama.

Menggunakan SEO ini tidak terlalu mudah, namun juga tidak terlalu sulit. Apabila Anda masih merasa bingung bagaimana cara menggunakan SEO secara tepat, tidak perlu khawatir, karena saat ini, ada beberapa penyedia jasa yang menyediakan jasa SEO. Jadi Anda tidak perlu bingung mencari tahu bagaimana cara mudah belajar SEO. Cukup hubungi pihak penyedia jasa SEO yang ada di kota Anda, kemudian konsultasikan bagaimana cara menggunakan SEO yang paling tepat, dan tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tepat Menggunakan Google AdWords

Dalam SEO, Anda juga akan belajar tentang cara menaikkan website di Google, menggunakan Google AdWords. Ini adalah salah satu fitur yang juga dimiliki oleh Google. Dalam hal ini, Anda sebagai konsumen, dapat mencari kata kunci yang dinilai paling tepat, sesuai kebutuhan. Sebenarnya ada banyak sekali fungsi yang dimiliki oleh fitur yang satu ini, seperti dapat membantu mencari besaran dana yang dikeluarkan untuk memperoleh kata kunci yang tepat, mencari tahu banyak tidaknya orang yang mencari tahu tentang kata kunci tersebut, rating untuk kata kunci tersebut dan yang lainnya.

Cara menggunakan Google AdWords ini juga tidak terlalu sulit, cukup menekan tombol “search for new keywords using a phrase, website or category”. Maka Anda akan langsung terhubung dengan sebuah halaman yang akan memberikan informasi tentang kata kunci yang ingin dicari. Cukup masukkan informasi kata kunci yang ingin dicari pada kolom yang tertera, maka berbagai informasi tentang kata kunci yang Anda inginkan akan muncul dengan segera.

Apabila Anda kesulitan dalam mencari tahu tentang kata kunci yang akan digunakan, atau mencari tahu tentang estimasi traffic untuk target kata kunci tersebut, ada baiknya jika Anda menggunakan Google Keyword Planner. Fitur yang satu ini, tersedia di dalam Google AdWords. Selain itu fitur yang satu ini, dapat Anda manfaatkan, untuk mencari tahu estimasi traffic untuk kata kunci yang akan digunakan kelak.

Menggunakan Google Trends

Selain mencari informasi di Google Keyword Planner, Anda juga dapat mencari tahu berbagai macam hal yang sedang menjadi trend saat ini pada Google Trends. Google Trends sendiri adalah salah satu perangkat atau fitur yang dimiliki oleh Google untuk membantu para user atau para penggunanya dalam melakukan beberapa jenis reset, terutama reset yang berhubungan dengan pemasaran.

Google Trend ini sendiri banyak digunakan oleh para online marketer, dan juga para pengusaha yang bergerak di bidang online. Fitur yang satu ini, dianggap penting, karena mampu membantu para pengguna untuk mengetahui apa yang sedang trend di dunia online. Berikut ini, adalah cara menggunakan google trends tersebut :

  1. Pertama-tama, buka Google Trends, di website resmi.
  2. Langkah kedua, masukkan kata kunci, di bagian kolom pencarian. Anda dapat memasukkan 1 hingga 2 buah kata di kolom pencarian. Kemudian tekan ENTER. Setelah itu, Google Trends akan memperlihatkan data pencarian orang yang mencari atau menggunakan kata kunci tersebut. Disini data yang ditunjukkan memang tidak diperlihatkan secara rinci, karena data tersebut, dapat Anda lihat di dalam Google Keyword Planner.
  3. Langkah ketiga, rubah bagian lokasi dan waktu pencarian. Pada halaman ini, Anda akan masuk ke sebuah halaman yang mempermudahkan Anda untuk mempermudah pencarian. Berikut ini, adalah beberapa hal yang dapat Anda perhatikan. Untuk kolom merah, Anda dapat mencari berdasarkan negara tujuan. Untuk kolom hijau, Anda dapat memilih berdasarkan rentan waktu, mulai dari 12 bulan, atau berdasarkan rentan waktu tertentu. Kolom warna kuning, dapat Anda gunakan untuk niche atau pasar, untuk Anda yang sudah mengerti tentang kolom ini, tentunya dapat melakukan setting ulang. Kolom warna ungu, ini adalah jenis kolom penelusuran, mulai dari Google Target, Google gambar, berita, belanja, atau bahkan penelusuran menggunakan Youtube.
  4. Langkah yang keempat, Anda dapat membaca hasilnya. Setelah memberikan berbagai macam data yang diperlukan, pada langkah ini, Anda akan memperoleh hasilnya. Disini anda akan memperoleh informasi tentang kata kunci yang digunakan.
  5. Langkah yang kelima memperhatikan kata kunci yang berhubungan. Related Queries atau kata kunci yang berhubungan dengan kata kunci utama. Dalam beberapa hal, Google Trends ini juga menyediakan kata kunci yang masih berhubungan dengan kata kunci utama. Anda dapat menambahkan kosakata tersebut untuk produk berjualan berikutnya.

Manfaat Menggunakan Google Trends

Sama seperti menggunakan fitur lain yang ada pada Google, Google Trends ini juga mempunyai banyak sekali manfaat, terutama untuk Anda yang memang berkecimpung dalam dunia blogger, pemasaran, atau bahkan bisnis online. Berikut ini, adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan fitur tersebut :

  • Fitur ini, mampu memposting tentang topic yang sedang trend belakangan ini, tentunya ini akan sangat membantu dalam meningkatkan lalu lintas di dalam situs yang Anda miliki. Anda juga dapat memanfaatkan topic tersebut, untuk membuat orang membuka situs yang Anda miliki.
  • Mampu menemukan peluang pemasaran secara real time. Fitur ini juga akan membantu Anda dalam mencari tempat pemasaran yang paling bagus, mampu memberikan ide penyelenggaraan acara yang paling tepat, atau bahkan mampu memberikan pemasaran secara real time,  terutama untuk meningkatkan jangkauan produk di media sosial.
  • Anda juga dapat melakukan reset pencarian topik berdasarkan geografi yang ada, terutama jika Anda ingin menjual produk di daerah tertentu.

Selain itu, masih ada lagi beberapa manfaat lain yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan Google Trends tersebut. Ketika Anda mampu menggunakan berbagai fitur di dalam Google dengan baik, termasuk cara menggunakan google trends sebagaimana mestinya. Bukan tidak mungkin, website atau bahkan blog yang Anda miliki akan semakin meningkat trafficnya, dan bukan tidak mungkin, Google akan memberikan pertimbangan lebih, dan menampilkan website Anda pada halaman pertama. Jika hal ini sudah terjadi, bukan tidak mungkin, iklan pun akan mudah masuk, dan website Anda pun akan semakin terkenal.

Tag : google adwordsGoogle Keyword Plannergoogle trends

You Might Also Like

4 Cara Temukan Keyword Populer

Feb 21, 2019 SEO 160 Views