Cara Menentukan Keyword yang Paling Pas Untuk SEO

Feb 20, 2019 SEO 43 Views

Cara riset kata kunci adalah hal yang wajib dipelajari terlebih dahulu jika ingin website atau artikel anda di Google sukses. Dengan memasang keyword yang tepat, maka artikel, blog, ataupun website milik anda bisa lebih mudah ditemukan oleh orang banyak. Berikut ini adalah cara menentukan keyword selain menggunakan Google Keyword Tool Gratis.

Google Keyword Tool Gratis

Google Keyword Tool Gratis

Menggunakan bala bantuan konsultan

Cara yang paling instan jika anda tidak mau pusing-pusing melakukan kegiatan terkait riset atau penentuan keyword, adalah anda bisa langsung meminta bantuan kepada jasa seo murah Jakarta. Anda sudah tidak perlu repot untuk membiasakan diri menggunakan Google keyword Tool ataupun beberapa alat periset keywrod lainnya. Dengan cara seperti ini, maka anda bisa langsung utarakan saja ingin membuat tulisan, blog, ataupun website yang seperti apa. Nantinya sang konsultan akan langsung membantu menentukan keyword apa yang paling pas. Bahkan jika anda mau dan tidak keberatan, ada juga konsultan seo yang bisa membantu membuat konten yang menarik sehingga website atau blog anda mempunyai traffic yang tinggi.

Tujuan utama melakukan riset keyword adalah untuk meningkatkan traffic pengunjung yang nyangkut di website atau blog anda jadi lebih tinggi. Makin besar traffic pengunjung, maka makin besar pula peluang sebuah situs untuk sukses, dan terpampang di urutan paling pertama Google Search. Jadi sebenarnya anda tidak perlu terlalu ahli dalam hal ini, karena sudah ada konsultan seo yang dapat mengerjakan bagian ini. Bahkan sang konsultan bisa jauh lebih ahli ketimbang kita semua, karena sudah berkecimpung di dunia seo lebih lama. Keuntungan lainnya adalah, anda bisa melakukan hal-hal pengembangan lain yang tidak kalah bergunanya dari hal ini sehingga penggunaan waktu dan tenaga menjadi lebih efisien.

Menambah pengetahuan

Jika ternyata anda ingin membuat website anda mempunyai peringkat yang tinggi benar-benar dengan tangan anda sendiri, maka anda wajib banyak belajar tentang panduan bagaimana cara menaikkan peringkat sebuah website di Google menjadi sangat tinggi. Saat ini sudah cukup banyak artikel-artikel yang membahas bagaimana cara menaikkan peringkat sebuah web di sebuah mesin pencarian. Jika anda ingin mendapatkan pengetahuan atau ilmu yang lebih mendalam, maka anda wajib membaca buku tentang seo. Buku seo sendiri sudah sangat mudah ditemukan di toko-toko buku terdekat, ada juga yang sudah dalam bentuk e-book. Tentunya cara yang kedua ini dapat memperkecil nilai investasi yang anda keluarkan ketimbang cara pertama. Beberapa buku panduan yang ada umumnya akan mengajarkan bagaimana caranya menggunakan Google keyword tool Indonesia. Sayangnya Google keyword tool juga memiliki kelebihan dan kekurangan, oleh karena itu beberapa alat riset keyword gratis ini juga patut anda ketahui.

  1. Google trend

Google trend adalah salah satu alternatif alat riset keyword milik Google selain Google keyword tool. Kedua alat ini sebenarnya sama-sama gratis, namun Google keyword tool agak berbahaya untuk digunakan jika anda masih pemula. Karena Google keyword tool dapat mengarahkan pengunjungnya untuk masuk ke dalam jurang iklan berbayar. Alih-alih ingin mendapat gratisan, bisa-bisa anda jadi mengeluarkan uang lebih.

Google trend lebih sederhana dibandingkan Google keyword tool. Google trend dapat diatur sesuai dengan wilayah atau negara mana yang ingin menjadi target anda. Misalnya anda memilih Indonesia sebagai target lokasi, maka anda tinggal pilih lokasi Indonesia, dan nantinya akan langsung muncul trend paling baru apa saja yang menjadi primadona di mesin pencarian. Jika ingin mencari keyword tertentu secara spesifik, maka anda juga bisa melakukannya dengan mengetikkan keyword tersebut. Misalnya jika anda ingin mencari tahu mengenai popularitas keyword tentang “pemain sepakbola” maka langsung ketikkan saja keyword ini, dan nantinya anda akan langsung dapat melihat grafik yang menampilkan pegerakan minat pemirsa terhadap hal tersebut. Tampilan grafik tersebut menggambarkan minat pemirsa mulai dari hitungan satu jam hingga hitungan lima tahun yang lalu.

  1. Google suggest

Cara lain untuk menentukan riset keyword masih tak lepas dari alat milik Google. Google suggest sebenarnya bukanlah alat periset keyword, namun jika mau dimanfaatkan lebih lanjut, sebenarnya Google suggest sangat bisa digunakan untuk meriset keyword. Sayangnya adalah tidak banyak yang mengetahui cara ini. Google suggest dapat tercipta karena keyword tertentu telah banyak dicari atau dijelajah oleh banyak orang dari IP yang berbeda-beda. Google suggest tidaklah sembarangan, karena menurut kabar yang beredar pengembangannya berdasarkan teknologi artificial intellegent (AI) alias kecerdasan buatan.

Google suggest sangat baik untuk digunakan meriset sebuah keyword turunan. Keyword turunan yang direkomendasikan pastinya adalah keyword yang paling diburu oleh para pengguna internet terkait keyword utama anda. Caranya sangat mudah, cukup masuk ke website Google. Pada kolom search langsung ketikkan keyword utama anda. Tunggu sekitar 0,5 detik dan jangan klik apapun, maka nanti akan langsung muncul keyword turunan yang paling banyak dicari. Misal anda ketik bola, maka di bawah bola akan otomatis muncul; bola voli, bola basket, bola hari ini, dan lain sebagainya.

  1. Ubersuggest

Ubersuggest adalah alat periset keyword yang dikembangkan oleh Neil Patel. Ubersuggest benar-benar gratis, dan tidak seperti alat periset keyword lainnya yang memberikan batasan. Alat periset keyword yang lain umumnya akan memaksa penggunanya untuk membayar jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Memang bisa saja kemungkinan Ubersuggest akhirnya juga berbayar, namun selama masih gratis mari kita maksimalkan. Ubersuggest dapat menampilkan besaran tingkat volume keyword yang ingin anda pakai. Ubersuggest juga dapat menampilkan pula seberapa ketatnya persaingan keyword tersebut. Semakin tinggi nilai kompetisi suatu keyword, maka makin kecil pula kemungkinan keyword anda untuk tampil di jajaran paling atas hasil pencarian mesin Google.

Google keyword juga dapat merekomendasikan keyword yang berkaitan erat dengan keyword anda. Rekomendasi yang muncul bisa mencapai angka ribuan, tergantung seberapa populernya keyword anda saat ini. Anda juga dapat melakukan sortir rekomendasi keyword mulai dari besaran volume pencarian, ketatnya tingkat persaingan, hingga nilai atau nominal uang per sekali klik. Kabar baiknya lagi, anda juga bisa memilih target wilayah mana yang ingin anda sasar dengan keyword pilihan anda.

Tentunya masih banyak lagi alat-alat periset keyword yang bisa anda temukan selain ketiga alat di atas. Sekedar informasi tambahan, diperkirakan sehari terdapat sekitar tiga setengah milyar lebih pencarian di mesin pencarian entah Google, Yahoo, dan lain-lainnya. Oleh karena itu penentuan keyword sangatlah penting demi memperbesar tingkat kesuksesan. Menggunakan keyword secara asal-asalan hanya akan membuat usaha anda menjadi sia-sia. Oleh karena itu, topik-topik mengenai cara mudah belajar seo patut dan wajib anda pelajari dengan lebih dalam. Itulah beberapa pembahasan mengenai alat untuk meriset keyword selain Google Keyword Tool Gratis yang bisa anda gunakan. Semoga bermanfaat.

Tag : google keyword toolgoogle suggestgoogle trendsriset keywordubersuggest

You Might Also Like