Cara Menggunakan Google Adwords Bagi Pemula

Feb 24, 2019 SEO 67 Views

Cara Menggunakan Google Adwords – Google Adwords merupakan salah satu fitur Google yang bisa digunakan untuk menampilkan iklan berbayar atau paid search pada hasil pencarian Google. Perlu diketahui dengan hanya menggunakan Google Adwords, Anda sudah bisa menampilkan iklan di hasil pencarian Google dengan hanya menggunakan google keyword tool gratis tertentu yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Google Adwords Bagi Pemula

Google Adwords Bagi Pemula

Penggunaan Google Adword atau sekarang disebut Google Ads memang sangat menguntungkan untuk bisa memperoleh pangsa pasar yang lebih besar. Hal ini disebabkan Google berhasil menguasai pangsa pasar mesin pencari secara global mencapai 92,74 persen. Oleh sebab itu, iklan Anda kemungkinan besar dapat dilihat lebih banyak oleh orang dengan menggunakan Google Adwords. Bagi Anda yang ingin menampilkan iklan di hasil pencarian Google tapi tidak mengetahui cara menggunakan Google Adword, maka kini tidak perlu khawatir ataupun bingung lagi. Karena berikut ini Anda bisa melihat panduan cara menggunakan Google Adword bagi para pemula.

  1. Membuka dan Membuat Akun Google Adwords

Langkah pertama Anda bisa membuka Google Adwords dan membuat akun Google. Pada saat membuat akun, Anda juga bisa menggunakan akun Google Pribadi. Akan tetapi jika tidak ingin kota masuk email Anda dipenuhi dengan email dari Google Adwords maka disarankan Anda membuat akun Google baru khusus untuk keperluan Google Ads.

  1. Memilih Goal Dan Menentukan Jangkauan Lokasi

Jika sudah berhasil login ke Adword maka Anda akan langsung diminta untuk memilih goal dari iklan milik Anda. Pada dasarnya ada tiga pilihan gol yang disediakan oleh Google Adwords. Gol pertama adalah dengan menghubungi Anda melalui telepon. Gol pertama ini cocok digunakan bagi Anda yang sering melakukan transaksi bisnis dengan via telepon. Goal kedua sangat cocok bagi Anda yang membuka bisnis kafe, restoran, rumah makan ataupun lainnya yang mengharuskan pelanggan untuk mengunjungi tokonya secara langsung. Hal ini dikarenakan goal kedua berhubungan dengan mengunjungi toko fisik.

Selanjutnya gol ketiga ialah dengan mengunjungi website. Setelah memilih gol yang cocok dengan bisnis Anda maka Anda bisa memilih kategori bisnis yang dikelola. Hal ini berguna untuk memudahkan Google menentukan target audience iklan milik Anda.

  1. Membuat Copy Iklan Dan Memasukan Foto (Opsional)

Pada dasarnya Google membatasi karakter untuk mengcopy iklan. Untuk itulah, ada baiknya Anda menulis headline iklan hanya sampai 30 karakter dan isi iklan sampai 80 karakter. Dengan terbatasnya copy iklan yang bisa dibuat, maka Anda harus mampu membuat iklan yang jelas, singkat, padat, menarik dan informatif. Selanjutnya Anda bisa memilih foto terbaik yang menjelaskan dan menggambarkan bisnis ataupun promo yang sedang dilakukan dengan baik.

  1. Menentukan Budget

Dengan menggunakan Google Adwords maka Anda tidak perlu khawatir dengan budget. Karena Anda hanya perlu membayar saat iklan diklik oleh target audience milik Anda. Hal ini dikarenakan Google menerapkan sistem Pay Per Click atau PPC.

  1. Memilih Metode Pembayaran

Cara menggunakan Google Adwords memang sangat mudah, termasuk mengenai metode pembayaran. Metode pembayaran yang disediakan oleh Google cukup beragam yaitu transfer bank, menggunakan kartu kredit ataupun bisa dengan memanfaatkan layanan Google Adwords.

Tag : Cara Menggunakan Google AdwordsGoogle AdsMembuat Copy Iklan Dan Memasukan Foto (Opsional)Membuka dan Membuat Akun Google AdwordsMemilih Goal Dan Menentukan Jangkauan LokasiMemilih Metode PembayaranMenentukan Budget