Cara Menggunakan Google Adwords Keyword Planner Yang Ramah Untuk pemula

Feb 21, 2019 SEO 40 Views

Google Adwords Keyword Planner

Google Adwords Keyword Planner

Anda para blogger, pasti kenal dengan istilah Google AdWords Keyword Planner atau yang kerap disingkat menjadi GAKP. Sebenarnya apa itu GAKP, ini adalah salah satu perangkat gratis yang diberikan oleh google, khusus untuk melakukan riset kata kunci, atau keywords research. Namun yang menjadi masalah tidak semua orang dapat menggunakan perangkat yang satu ini, terutama pemula. Sebenarnya bagaimana cara menggunakan google adwords keywords planner yang sebenarnya, apakah memang sulit, atau tidak !

Proses pendaftaran

Sebelum membahas bagaimana cara menggunakan google keywords planner, alangkah lebih baik, jika Anda mendaftarkan diri di google adword itu sendiri. Walaupun Anda saat ini mempunyai akun google, akan tetapi hal ini, sedikit berbeda. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda lakukan :

  • Pertama-tama kunjungi Google Keywords Planner, di situs resminya.
  • Lalu langkah kedua yang sebaiknya Anda lakukan adalah melakukan proses sign in pada bagian pojok kanan atas. Dalam hal ini, Anda akan memasukkan akun dan password, pada akun google yang dimiliki.
  • Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjebak dalam iklan Google, ada baiknya jika Anda men-Skip the guided setup. Pastikan Anda tidak menekan tombol Continue, yang ada di bagian bawah. Karena hal ini, membuat Anda langsung terhubung dengan halaman pembuatan kampanye iklan AdWords.
  • Berikutnya akan muncul, halaman baru. Dari sini, Anda akan kembali memasukkan alamat Gmail Anda, negara, zona waktu, dan mata uang. Berikutnya klik tombol save and continue. Yang ada di posisi paling bawah halaman.
  • Setelah proses pengisian selesai, berikutnya Anda dapat mengklik tools, dan pilih keywords Planner.
  • Dari sini, Anda dapat mulai mencari kata kunci yang diinginkan.

Cara menggunakan google Adwords

Berikutnya adalah, mempelajari bagaimana cara menggunakan google adwords keywords planner yang sebenarnya. Sebenarnya tidak sulit, yang harus Anda lakukan hanyalah :

  • Setelah Anda melakukan proses sign in, ke akun google.
  • Maka Anda akan masuk ke halaman Find New Keywords. Dalam hal ini, Anda akan mengklik tautan search for new keywords using a phrase, website or category. Yang ada di menu tools.
  • Langkah berikutnya adalah mengisi beberapa data untuk mulai mencari kata kunci. Pertama-tama masuk ke kotak your product or service, dan masukkan sebuah kata kunci.
  • Jika Anda mencari dan menggunakan kata kunci dalam bahasa Indonesia, tentunya Anda perlu memilih Bahasa Indonesia pada bagian Targeting. Sedangkan yang lainnya biarkan seperti apa adanya. Terkecuali, anda sudah terbiasa, mensetting ulang fitur lain pada halaman tersebut.
  • Berikutnya tekan tombol get Ideas. Berikutnya akan muncul halaman baru, pada halaman ini, Anda sebaiknya menekan tombol keywords ideas, atau dengan kata lain, hal-hal yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.
  • Pada kolom ini, Anda akan melihat data aneka kata dan kata kunci yang relevan. Tidak hanya kata kunci, namun anda juga menemukan hal-hal yang tentu berkaitan dengan kata kunci tersebut. Mulai dari “Competition”, ini adalah ukuran kompetisi pada pengiklan Google Adwords, akan kata kunci yang digunakan. Selain itu ada juga yang disebut dengan “Suggested bid”, ini adalah harga penawaran yang disarankan oleh google untuk kata kunci yang digunakan. Dari sinilah Anda dapat mengumpulkan aneka kata kunci yang ingin digunakan pada artikel dan juga blog yang akan digunakan.

Cara Menggunakan Keyword planner

Selain mengenal aneka kata kunci yang akan digunakan, ada baiknya jika Anda juga mengenal bagaimana cara menggunakan keywords planner. Ini adalah salah satu produk Google yang dapat digunakan, untuk memberitahu Anda tentang produk estimasi traffic, pada target keyword yang akan digunakan. Untuk menggunakan fitur yang satu ini, Anda membutuhkan akun google adwords terlebih dahulu. Untuk menggunakan tools yang satu ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lainnya. Yang pasti tools ini, digunakan untuk mendukung Google AdWords. Lalu bagaimana caranya menggunakannya :

  • Pertama-tama start using keyword planner, yang ada pada halaman Google AdWords.
  • Berikutnya yang akan Anda lakukan adalah memasukkan target keywords yang akan digunakan. Setelah itu, Anda dapat memanfaatkan fitur filter pada tools yang ada. Kali ini, Anda dapat mem-filternya berdasarkan negara yang ingin ditargetkan.
  • Langkah berikutnya adalah memasukkan jenis atau nama produk atau bahkan nama jasa. Disini Anda juga perlu memasukkan nama jenis produk atau nama jasa yang sedang dikelola. Maka Google Keyword Planner ini akan membantu Anda dalam mencari berbagai kata kunci yang paling banyak dicari oleh orang lokal. Salah satu fitur yang juga cukup membantu Anda dalam mencari kata kunci yang tepat adalah, adanya fitur mencari keyword yang memiliki banyak traffic tetapi mempunyai sedikit kompetisi.
  • Adanya fitur keyword Match di Google Keyword Planner. Khusus untuk fitur yang satu ini, berfungsi untuk mencocokkan kata kunci yang akan memberitahu Anda, secara lebih mendetail, tentang berbagai macam kata kunci, yang berhubungan dengan kata kunci utama.

Dalam Google Keyword Planner ada 3 jenis pencocokan kata kunci, yaitu :

  1. Broad match, ini akan membantu Anda dalam membuat Longtail keywords dan juga traffic. Dengan menggunakan fitur ini, Anda tidak akan terbatasi dengan kata kunci yang hanya muncul pada exact match. Ini adalah jenis pencarian kata kunci yang cocok untuk para blogger.
  2. Phrase match, ini fitur yang pas untuk Anda yang saat ini, ingin mencari kalimat yang lebih spesifik. Disini Anda akan memperoleh traffic yang ada, ketika Anda menggunakan kalimat yang spesifik tersebut.
  3. Exact match, ini akan menunjukkan traffic untuk kata kunci yang paling tepat. Fitur ini, paling pas untuk proses pembuatan website yang niche.
  • Adanya fitur pilihan dan filter advanced. Fitur yang satu ini, akan memberikan Anda informasi tentang sebuah kata kunci yang memiliki volume pencarian yang paling tinggi di negara tertentu, atau bahasa tertentu. Selain itu, fitur ini, juga akan membantu Anda dalam mencari tahu target audience yang pas untuk kata kunci dengan lebih detail.
  • Untuk kolom keyword tool, terdiri atas beberapa macam, antara lain Competition (fungsinya untuk menunjukkan seberapa keras dan mudahnya peringkat kata kunci yang digunakan), global Monthly Search (pencarian kata kunci rata-rata selama 12 bulan), Local Monthly Search (pencarian berdasarkan filter dan performa kata kunci), Approximate CPC (fungsinya untuk menunjukkan biaya Cost per Click, untuk pengiklanan).

Tidak hanya sampai disitu, Google Trends ini, juga akan memberikan informasi tentang visualisasi data, berdasarkan informasi yang ada. Banyaknya fitur yang ada di perangkat yang satu ini, tentu saja sangat berguna, dan pastinya sangat membantu Anda pada blogger atau para marketer yang ingin melakukan reset atau mencari data. Pastinya ini adalah salah satu fitur Google yang sangat membantu Anda.

Tag : GAKPgoogle adwords keyword plannerGoogle Keyword Plannergoogle trendskeywords planner