Cara Mudah (Dan Gratis) Riset Keyword Untuk Konten Youtube

Feb 25, 2019 SEO 93 Views

SEO search engine optimization adalah hal-hal yang dilakukan dalam usaha untuk membuat sebuah konten digital memiliki visibilitas yang tinggi dalam hasil pencarian. Untuk mendapatkan visibilitas yang tinggi maka peringkat hasil pencariannya makin di atas tentu makin banyak menarik audiens, bukan? Tidak hanya artikel atau konten tertulis saja, SEO pun juga bisa berlaku pada konten audio visual seperti misalnya video pada Youtube. Saat ini ini Youtube adalah platform video yang paling banyak dikunjungi pengguna internet setiap harinya sehingga tidak heran jika para pemasar pun juga membuat konten video untuk menarget pengguna Youtube. Kamu ingin video Youtube memiliki lebih banyak jumlah penonton? Berikut adalah cara riset keyword Youtube yang bisa dilakukan siapa saja.

SEO Youtube

SEO Youtube

  1. Manfaatkan tool gratis khusus untuk Youtube

SEO yang digunakan pada Youtube memang tidak sekompleks dan seluas yang diterapkan pada konten digital berupa artikel atau blog, namun ada beberapa tool yang bisa Kamu pakai secara gratis dan didesain khusus untuk meningkatkan SEO pada Youtube. Seperti Kparser misalnya, tool yang untuk generator kata kunci yang secara khusus dibuat untuk Youtube. Fitur gratisnya bisa Kamu manfaatkan untuk menunjukkan peringkat dari target kata kunci yang ingin digunakan  berdasarkan dengan frekuensi penggunaan pada masing-masing kata.

Ada juga cara riset keyword Youtube menggunakan Woodtracker yang bisa memberikan informasi riset kata kunci mendasar untuk versi gratisnya. Sedangkan untuk versi premiumnya bisa Kamu coba dulu free trial-nya sebelum memutuskan untuk investasi.

  1. Chrome plug in untuk mengintai tag kompetitor

Apa yang dilakukan oleh kompetitor Kamu bisa jadi cara riset keyword Youtube yang lebih cepat dilakukan. Apalagi jika video yang mereka unggah memiliki peringkat yang cukup tinggi di hasil pencarian, apapun yang mereka lakukan pasti memberikan pengaruh pada hasil tersebut, salah satunya adalah tags yang digunakan. Sayangnya, tags yang digunakan pada unggahan video tidak bisa dilihat secara kasat mata kecuali jika Kamu punya keahlian coding. Kabar baiknya, Kamu bisa melihat tags yang digunakan oleh video-video kompetitor dengan menggunakan ekstensi dari Chrome seperti misalnya Tags for Youtube atau TubeBuddy.

Dengan melihat tags yang digunakan oleh video kompetitor Kamu bisa menyusun strategi untuk menyusup ke hal-hal yang luput dari perhatian kompetitor, sekaligus bisa juga menggunakan tags yang sama dengan konten yang lebih berkualitas sehingga bisa lebih unggul ketimbang kompetitor. Tags yang digunakan juga bisa jadi inspirasi untuk mencari topik konten, menentukan judul dan juga teks deskripsinya.

  1. Manfaatkan autocomplete untuk longtail keyword

Longtail keyword adalah komponen yang penting pada SEO dan bisa mengarahkan audiens lebih masuk ke dalam terowongan pemasaran bisnis Kamu dan menempatkan mereka di posisi yang Kamu inginkan, jadi konsumen misalnya. Sama halnya dengan Google, Youtube pun memiliki sistem di mana ketika Kamu mengetikkan kata kunci tertentu di kolom pencariannya maka di bawahnya akan muncul frasa-frasa yang disarankan berdasarkan dengan kata kunci utama. Gunakan longtail keyword tersebut untuk membuat konten dan mendapatkan gambaran umum kata kunci yang banyak diketikkan orang di Youtube.

Tag : cara riset keyword youtubeChrome plug in untuk mengintai tag kompetitorManfaatkan autocomplete untuk longtail keywordManfaatkan tool gratis khusus untuk Youtubeseo youtube

You Might Also Like

Mengetahui Keyword Yang Paling Banyak Dicari

Feb 25, 2019 SEO 147 Views

Google Keyword Tool Indonesia

Feb 25, 2019 SEO 83 Views