Pentingnya Penggunaan Keyword Planner untuk SEO

Feb 26, 2019 SEO 80 Views

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu cara untuk membuat sebuah situs atau halaman web menempati peringkat teratas pada mesin pencarian internet. Salah satu aspek penting dalam SEO adalah pemilihan kata kunci atau keywords.

Penggunaan Keyword Planner

Penggunaan Keyword Planner

Mengapa demikian? Kata kunci merupakan ide yang berupa kata, frasa maupun kalimat yang pertama kali muncul pada pikiran pengguna internet. Untuk mempermudah hasil pencarian pada mesin pencari internet, biasanya pengguna akan memasukan kata kunci tersebut pada kotak mesin pencari. Oleh karena itu, keyword dalam sebuah SEO sangatlah penting untuk diperhatikan. Namun, sayangnya masih banyak user situs web yang belum mengerti akan pentingnya kata kunci.

Kini, anda tidak perlu lagi pusing untuk memikirkan atau melakukan riset manual terhadap kata kunci seperti apa yang menarik dan populer karena sekarang anda dapat mengandalkan Keyword Planner. Apa itu keyword planner? Keyword planner merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu anda untuk meriset kata kunci apa saja yang paling sering dicari oleh pengguna mesin pencari internet. Salah satu aplikasi keyword planner yang sering digunakan adalah Google keyword planner. Google keyword planner ini dapat anda gunakan secara gratis, lho.

Cara menggunakan keyword planner tidaklah susah. Pertama, anda perlu mengakses Google AdWords karena fasilitas keyword planner akan anda dapatkan setelah memiliki akun AdWords. Berikut prosedur pendaftaran akun Google AdWords:

  1. Masuk pada alamat browser dan ketik https://adwords.google.com/KeywordPlanner
  2. Kemudian klik tombol “Get Startedyang berwarna biru.
  3. Setelah selesai melakukan registrasi, maka klik Sign In dan masukkan alamat gmail dan password yang anda buat sebelumnya.
  4. Maka akan muncul halaman Welcome to Google AdWords. Nah, pada tahap ini, agar anda tidak dipusingkan dengan kampanye iklan berbayar, maka klik skip the guided setup.
  5. Pada halaman berikutnya masukkan alamat Gmail anda dan memilih negara, zona waktu, dan mata uang (hal ini opsional dan anda tidak diwajibkan untuk mengisinya). Kemudian klik tombol Save and continue.
  6. Setelah membuat akun, maka anda bisa langsung masuk pada halaman Google Keyword Planner dengan memilih Tools lalu Keyword Planner.

Pada halaman Google Keyword Planner, anda dapat melihat beberapa informasi yang disajikan. Mulai dari saran kata kunci yang relevan, penelusuran rata-rata bulanan, tingginya persaingan, hingga tawaran budget iklan yang disarankan. Untuk meriset suatu kata kunci, anda bisa melakukan langkah berikut:

  1. Klik Get search volume data and trends
  2. Masukan kata kunci yang ingin anda riset. Pilih negara target lalu klik Get search volume.
  3. Maka akan muncul hasil riset dari kata kunci yang anda cari.

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Demikian pemaparan singkat tentang pentingnya penggunaan keyword planning sekaligus cara penggunaannya.

Tag : cara menggunakan keyword plannergoogle adwordsGoogle Keyword Plannergoogle keyword tool gratisKeyword Planner

You Might Also Like

Google Keyword Tool Indonesia

Feb 26, 2019 SEO 83 Views

Mengenal SEO (Search Engine Optimization)

Feb 26, 2019 SEO 188 Views